5 Manusia Dengan Kepribadian Ganda


Kepribadian ganda atau Dissociative Identity Disorder pada seseorang kerap masih saja di anggap fenomena gaib. Padahal pasien yang mengidap Dissociative Identity Disorder (DID) kebanyakan pada umumnya mempunya pengalaman kelam yang ada di masalalunya. Pengalaman masa lalu yang kelam itu bisa bermacam-macam dari pelecehan seksualitas, kekerasan fisik, hingga siksaan secara verbal.

Penyebab detail kepribadian ganda masih belum diketahui secara pasti oleh medis, penelitian menunjukan bahwa sekitar 90% penderita kepribadian ganda memiliki pengalaman sangat traumatis di masa kecilnya. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menentukan bahwa seseorang mengidap kepribadian ganda, karena tanda-tandanya bisa mirip dengan penyakit mental lainnya. Ciri-ciri seseorang mengidap kepribadian ganda, seperti ganguan cemas atau depresi, sehingga mengalami Amnesia sementara.

Kali ini mimin akan menyajikan Top 5 Manusia dengan kepribadian ganda paling fenomenal dalam sejarah manusia, apa saja itu ?  

1. Louis Vivet (10 kepribadian)

 
Louis Vivet adalah orang yang pertama kali di diagnosis memiliki kepribadian ganda dalam sejarah manusia. Louis Vivet adalah seorang pria yang lahir di Perancis tepat nya di Paris pada tahun 1863, Ibu Louis adalah seorang pekerja seks komersial, dikarenakan telah tidur dengan banyak pria hidung belang maka ibu Louis tidak bisa tahu siapa pria yang telah menjadi ayahnya Louis. Sang ibu pun sangat stress, kerap sekali menumpahkan rasa frustasinya ke Louis yang sebagai anak satu-satunya, Louis kerap diserang secara fisik maupun mental oleh ibunya. Hal itu menyebabkan Louis suka histeris dan Bahkan Louis juga pernah lumpuh temporary ( sementara ) saat Louis saat masih berusia muda.

Saat memijak usia 17 tahun, Louis sempat mengalami kelumpuhan dari pinggang hingga ke kaki dikarenakan ia trauma akibat tangannya di lilit ular berbisa, namun ular tersebut tidak menyerang Louis, hanya melilit saja tepat di tangan kanannya, ia kemudia dikirim ke rumah sakit jiwa, disana ia kerap kali tiba-tiba kejang sampai mulut Louis berbusa atau biasa kita sebut dengan penyakit Epilepsi.

Dan lebih ngeri nya lagi setelah 18 bulan menjalani perawatan, Louis tiba-tiba sontak bisa bangun, berdiri, dan berjalan. Dan ia sama sekali tidak sadar bahwa seisi rumah sakit sampai kaget dengan perubahan tersebut. Kepribadiannya berubah-ubah dan Louis sama sekali juga tidak mempunya ingat tentang momen yang dialami kepribadian lainnya.

Setelah Louis keluar dari rumah sakit, Louis kembali menemui ibunya dan sempat mencari pekerjaan. Namun, tidak lama berselang Louis kembali sakit dan dirawat di rumah sakit jiwa kembali selama 18 bulan, Selama di rumah sakit jiwa kepribadiannya Louis sering berubah-ubah. Kadang, ia menjadi Louis yang kakinya lumpuh, kadang menjadi orang yang tenang, lembut sifatnya; Louis juga tidak suka wine, baik hati, suka memberi makanannya, kadang Louis juga sering marah dan melakukan pencurian, sehingga kerap sekali Louis harus keluar masuk RS jiwa dan penjara.

Louis didiagnosis mempunya 10 kepribadian ganda untuk pertama kali dalam dunia sejarah manusia, tapi setelah dipelajari kembali oleh para peneliti, para peneliti meyakini Louis hanya memiliki 2 kepribadian ganda. Louis dinyatakan meninggal pada tahun 20 Oktober 1886 di RS Bicetre Paris, namun tidak diketahui bagaimana Louis bisa meninggal.

2. Shirley Ardell Mason (16 kepribadian)



Shirley Ardell Mason lahir di Dodge Center, Minnesota. Dari Walter Mason dan Martha Alice Hageman Mason. dia adalah seorang wanita yang kehidupannya di dokumentasikan ke buku novel dan filem dengan nama Sybil Isabel Dorsett untuk melindungi identitas aslinya. Buku itu ditulis oleh Flora Theta Schreiber dan diterbitkan pada tahun 1973.

Shirley menceritakan tentang seorang gadis umur belia dengan kepribadian yang terpecah sampai 16 kepribadian ganda di dalam satu tubuhnya.

Enam belas kepribadian ganda tersebut diketahui adalah: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir yang tak diketahui namanya.

Menurut versi buku novelnya, Shirley sering kali kerap disiksa ibunya dengan tangan, dan juga terlalu mengawasi anak secara berlebih-lebihan sehingga si anak merasa tertekan pada batin.

Shirley kemudian pindah ke kota New York di awal tahun 1950-an untuk melanjutkan kuliah di Universitas Columbia, dan pada saat itu Shirley sering kali kehilangan ingatan sementara ( dikarenakan tubuh nya sering digantikan oleh kepribadian lainnya ), dan pada saat itu Shirley merasa ada yang aneh pada pikirannya dan merasa tergangu Shirley akhirnya memutuskan untuk mengunjungi seorang psikiater, Dr. Cornelia B. Wibur.

Dr. Wibur yang kemudian mendiagnosisnya menderita kepribadian ganda yang terpecah, ditemukan sekitar ada 16 kepribadian di dalam tubuh Shirley, yang masing-masing berbeda antar satu dengan yang lain di dalam diri Shirley. dan dipercaya hal itu diakibatkan karena beberapa perlakuan yang kejam yang dilakukan oleh ibunya. Selama 11 tahun menjalani terapi, Wibur dan Shirley bekerja sama untuk menyatukan kembali pribadi-pribadi itu di dalam satu tubuh.

Schreiber menulus buku itu berdasarkan kisah nyata hidup Shirley, semua nama dan tempat di gangi demi melindungi identitas si pengidap, seiring berjalan waktu buku tersebut booming dan di angkat sebagai filem Hollywood.

Setelah bukunya diterbiatkan, Shirley pindah ke Point Pleasant, West Virginia dan kemudian ke Lexington, Kentucky. Wilbur mengajar di Universitas Kentucky dan Shirley menjadi guru seni. Dia tinggal dengan damai di Kentucky. Tahun 1998, Shirley tutup usia dikarenakan mengidap Breast Cancer ( Kanker Payudara ) pada umur 75 Tahun.

3. Chris Costner Sizemore (22 kepribadian)


Tidak seperti kebanyakan pasien yang disebutkan di dalam daftar ini, Chris Costner Sizemore datang dari keluarga yang relatif bahagia. Salah satu insiden yang memicu munculnya kebribadian di dalam diri Chris adalah sebuah kejadian traumatis di masa kecilnya. Chris melihat jasad seorang pria yang dikenalnya ditarik dari selokan.

Di masa dewasanya, kepribadian-kepribadian lain di dalam diri Chris mulai melakukan tindakan berani. Ketika putrinya lahir, salah satu kepribadiannya yang bernama Eve Black mencoba mencekik si bayi. Untungnya, upaya pembunuhan itu dihentikan oleh Eve White, kepribadiannya yang lain.

Saat menjalani terapi dengan Corbett H. Thigpen, kepribadian-kepribadian Chris yang lain mulai bermunculan. Chris sudah dirawat 8 psikiater dalam 25 tahun berikutnya, di mana total 22 kepribadian bermanifestasi di dalam dirinya. Setelah empat tahun terapi dengan Dr. Tony Tsitos, semua kepribadian Chris bergabung menjadi satu di tahun 1974.

Rincian kasus Chris disusun oleh Dr. Thigpen dan Hervey M. Cleckley, dan menjadi sebuah buku berjudul The Three Faces of Eve. Pada tahun 1957, buku tersebut diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh Joanne Woodward. Film tersebut membuahkan penghargaan aktris terbaik di Academy Award.

4. Billy Milligan (24 kepribadian)



Sudah pernah menyaksikan film Split garapan M. Night Shyamalan? salah satu karakter utama dalam film tersebut, Kevin Wendel Crumb, ternyata terinspirasi dari kisah hidup seorang pasien DID bernama Billy Milligan.

William Stanley Milligan atau lebih dikenal dengan nama Billy Milligan adalah tersangka beberapa tindak kriminalitas di tahun 70-an yang sempat menghebohkan publik Amerika Serikat. Pada dekade tersebut, Billy menjadi terdakwa pertama yang bebas dari hukuman kurungan karena diagnosis gangguan identitas disosiatif. Billy mengklaim pelaku pencurian, penyerangan, dan pemerkosaan yang dituduhkan adalah Adalana, seorang wanita lesbian yang hidup di dalam dirinya.

Atas ulahnya, Dia didakwa hukuman kurungan penjara. Namun ganjaran tersebut tak jadi dijatuhkan karena Billy mengaku aksi pencurian, penyerangan hingga pemerkosaan itu dilakukan oleh sosok wanita lesbian yang bersemayam pada dirinya.

Setelah serangkaian tes, diketahui kalau dalam diri Billy hidup 24 kepribadian. Dia dibebaskan dari hukuman penjara dengan alasan gangguan kejiwaan, sebagai gantinya, Billy menghabiskan satu dekade di institusi kejiwaan. Setelah dilepaskan pada tahun 1988, Billy sempat menghilang selama bertahun-tahun. Dia mengembuskan napas terakhir di sebuah panti perawatan Ohio pada tahun 2014.

Kisah hidupnya yang menggemparkan Amerika Serikat diangkat menjadi buku pemenang penghargaan, The Minds of Billy Milligan dan Billy Milligan's War oleh Daniel Keyes. Buku tersebut rencananya diangkat menjadi film A Crowded Room yang bakal dibintangi oleh superstar actor Leonardo DiCaprio, tidak tahu kapan di Release filem tersebut.

5. Trudi Chase (92 kepribadian)


Kasus Truddi Chase terbilang sangat unik dan aneh, tidak seperti pasien lainnya kepribadian-kepribadian didalam diri Truddi tidak saling berbenturan. Mereka bahkan menyadari kehadiran satu sama lain di tubuh Truddi.

Trudit menyebut kepribadiannya dengan 'pasukan' dan tidak ingin mereka dilebur menjadi satu kepribadian saja. Truddi menggangap mereka sebagai partner yang telah melalui begitu banyak hal bersamanya, sehingga dia ingin menhargai keberadaan kepribadian ganda tersebut.

Truddi mengklaim bahwa dia dilecehkan secara seksual dan fisik oleh ayah tirinya ketika dia berusia dua tahun, sementara ibunya secara emosional melecehkan Truddi selama dua belas tahun. Dia menemukan pekerjaan sebagai pialang real estat, tetapi gagal mencapai kesuksesan. Setelah itu Truddi mengunjungi  ke dokter psikiater dan menemukan kenyataan bahwa Truddi menderita ganguan identitas disosiatif dengan 92 kepribadian. Kepribadian termuda adalah seorang gadis berusia 5 tahun bernama Lamb Chop, sementara itu yang paling tua bernama Ean, seorang penyair dan filsuf Irland yang sudah berusia 1000 tahun.

Truddi dan sang psikiater menulis tentang perjuangannya dengan kepribadian ganda 92 kepribadian ganda dan di adaptasi menjadi mini seri berjudul Voices Within pada tahun 1990. Truddi juga sempat di undang untuk tampil di acara Oprah Winfrey. Truddi tutup usia pada tanggal 10 maret 2010.

Bagaimana Menurut kamu guys ? Mohon cooment di kolom komentar ya tentang pendapat kamu :)

Belum ada Komentar untuk "5 Manusia Dengan Kepribadian Ganda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel