5 Fakta Menarik, Tentang Kapal Hantu SS Ourang Medan

Indonesia secara geografis terapit diantara dua samudra luas dan dua benua sehingga membuat negara ini mendapatkan julukan Negara Agraria. Hal tersebut telah dipahami banyak oleh banyak masyarakat indonesia dikarenakan banyak pada dulunya masyarakat indonesia menggantung hidupnya dari sumber daya yang ada di laut. Situasi ini pula yang membuat Indonesia memiliki cukup banyak sekali kapal yang digunakan dengan berbagai macam tujuan. Mulai dari alat transportasi sampai penangkapan ikan.

Sebagai sebuah anugrah dari sang Tuhan, banyak dari sebagian masyarkat indonesia memanfaatkan kondisi situasi geografis tanah air dengan cukup baik. Banyak sudah kapal yang dibuat oleh masyarakat indonesia, dari sekian banyaknya kapal yang dibuat oleh indonesia ada 1 kapal yang dimana cukup mencuri perhatian indonesia, bahkan dunia juga. Kapal tersebut bernama SS Ourang Medan ( Kapal type uap Ourang Medan ), kapal ini cukup menakutkan, dan menyita perhatian publik loh yuk simak ulasannya buat kamu semua!

1. Apa Itu kapal SS Ourang Medan


Kapal SS Ourang medan Tahun 1948

Kapal SS Ourang Medan secara arti dari nama tersebut merupakan kapal yang berasal dari medan, Ourang Medan ( Bahasa Indonesia Lama ), tapi dari pihak pemerintahan ( disaat itu belanda masih menjajah indonesia ) sama sekali tidak memiliki catatan  tentang kepemilikan kapal tersebut.

Berdasarkan kabar berita yang berdedar, Kapal SS Ourang Medan adalah sebuah kapal jenis kargo yang merupakan milik pemerintahan Belanda pada saat itu, yang terakhir kali diketahui berlajar ke arah Selat Malaka pada tahun 1948 dan pada akhirnya kapal tersebut dinyatakan tenggelam alias hilang. Secara detail, tidak ada catatan tentang sejarah kapal tersebut, serta waktu pembuatan dan tujuannya kapal tersebut.

2. Misteri Sandi Morse

Kode Morse atau Sandi Morse adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu.

Sebelum Kapal SS Ourang Medan dinyatakan tenggelam, banyak para awak kapal yang melintasi Selat Malaka mengaku menerima sinyal SOS yang diduga kuat SOS tersebut berasal dari kapal SS Ourang Medan. Bahkan sinyal tersebut juga tertangkap oleh pos pantau milik Belanda dan Inggris yang ada di Selat Malaka. Sinyal SOS tersebut yang digambarkan dalam bentuk sandi morse, berisikan pesan kematian.

“All officers including captain are dead lying in chart-room and bridge. Possibly whole crew dead….I die..”

yang dimana pesan tersebut berbahasa inggris jika kita artikan "Semua kru termasuk kapten mati tergeletak di ruangan dan jembatan. Mungkin seluruh kru tewas... Aku akan mati"

Demikian lah pesan terakhir yang disampaikan oleh Kapal SS Ourang Medan sebelum kapal karam dan tenggelam.

3. Misi Penyelamatan Kapal SS Ourang Medan

Salah satu kru yang meninggal dengan mengenaskan seluruh tubuh dingin dan kaku serta mata melotot

Setelah menerima sinyal darurat tersebut, satu kapal berbendera Amerika Serikat, yakni SS Silver Star kebetulan saat kejadian kapal berbendera AS tersebut yang paling dekat dengan kapal SS Ourang Medan, dan lansung saja kapal SS Silver Star mmeberikan balasan terhadap sandir morse yang disampaikan oleh kru Kapal SS Ourang Medan, namun tidak kunjung mendapatkan balasan dari kapal SS Ourang Medan.

Singkat cerita, setelah menemukan lokasi tidak jauh dari Kapal SS Ourang Medan tersebut, sang kapten kapal SS Silver Star lansung segera membentuk Tim Rescue (penyelamat) dengan harap bisa menyelamatkan awak kru kapal SS Ourang medan. Namun betapa mengejutkannya mereka ketika sesampainya di kapal tersebut, mereka menemukan banyak sekali mayat bergelimpangan di dek dan anjungan kapal, termasuk bangkai anjing yang ditemukan di antara tumpukan mayat tersebut.

Menurut pengakuan kru penyelamat dari kapal SS Silver Star, mayat di kapal SS Ourang Medan tergolong dalam kondisi sangat yang tidak wajar. Pasalnya raut wajah dari para mayat kelihatan seperti ketakutan melihat sesuatu, dengan kondisi kulit yang memucat, gigi rapat dengan kedua bibir yang terbuka, mata melotot, serta lengan yang terjulur seperti sedang mencengkram benda untuk menghalau sesuai yang berada di depannya.

4. Kondisi Tak Lazim Pada Mayat


Mayat mencekram seperti ketakutan melihat sesuatu

Tidak cukup disitu saja, keanehan dan kengerian pun berlanjut. Ketika para kru coba mendekati mayat-mayat yang di dekat ruang boiler, kru penyelamat dari SS Silver Star mengaku mendadak menggigil kedinginan sekali.

Padahal Saat itu suhu diperairan Selat Malaka tengah dalam kondisi yang cukup panas, yakni 43 derajat celcius. Lantas bagaimana bisa tekanan suhu di Kapal SS Ourang Medan berbeda sangat drastis dengan tekanan suhu di perairan Selat Malaka Pada waktu itu? selain itu anehnya berdasarkan kondisi mayat, para mayat kapal SS Ourang Medan seakan tengah melihat ke satu titik pusat yang sebelum akhirnya meninggal dunia.

Para kru penyelamat pun kemudia melakukan beberapa investigasi lebih lanjut mengenai kemungkinan terjadinya perkelahian di atas kapal. Namun para kru tidak menemukan hal tersebut atau yang berkaitan dengan hal tersebut. mereka pun memutuskan untuk menarik kapal SS Ourang Medan menuju pelabuhan menggunakan tambang.

5. Ledakan Secara Misterius


Kapal SS Ourang Medan meledak secara misterius

Setelah tambang disambungkan antar kapal, kru penyelamat kembali ke kapal SS Silver Star dan berniat untuk segera membawa kapal SS Ourang Medan ke pelabuhan dengan segera, namun keanehan lagi-lagi terjadi.

Sesaat sebelum kapal ditarik, tiba-tiba muncul kepulan asap hitam dari arah dek kapal SS Ourang medan dan dalam sekejab saja membakar habis dek kapal tersebut. Karena takut dan panik maka para kru SS Silver Star segera memutuskan tambang tersebut, dan berusaha menjauh sejauh mungkin dari kapal tersebut.

Tak lama setelah tambang tersebut diputuskan, kembali lagi terdengar suara ledakan yang cukup keras, membuat panik seisi kapal SS Silver star. Dan pada akhir nya kapal SS Ourang medan pun terbakar dan tenggelam, pada saat itu para kru mengaku cukup panik dan ketakutan bercampur binggung, apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu.


Spekulasi para Peneliti, 
Setelah beberapa hari peristiwa terbakarnya kapal SS Ourang Medan menjadi sorotan dimata dunia. Banyak sekali pihak yang berspekulasi tentang kejadian aneh tersebut. Beberapa peneliti pun dilakukan guna mengungkap misteri kapal SS Ourang Medan tersebut.

Riset pertama datang dari teori yang disampaikan oleh penyelidik bagian pelayaran, Bainton serta Buklet Mielke. Mereka memiliki pendapat bila crew Kapal SS Ourang Medan keracunan zat kimia mematikan yang tengah mereka bawa ke dalam kapal SS Ourang Medan.

Mereka berasumsi bila kapal itu tengah selundupkan bahan kimia beresiko tinggi bahkan yang bisa membunuh manusia, pada akhirnya zat itu juga bocor hingga mematikan semua crew yang berada di kapal tersebut.

Para peneliti menduga hal tersebut dikarenakan oleh zat kimia nitrogliserin. Zat ini saat bersatu dengan air laut akan mengakibatkan reaksi kimia yang membuat kapal meledak.

Selanjutnya teori ke-2 memiliki pendapat terjadi kerusakan di bagian penguapan yang mengakibatkan gas karbondioksida menimbun serta meracuni semua crew kapal. Tidak itu saja, gas itu disangka jadi penyebab berlangsungnya ledakan.

Teori setelah itu menerangkan bila ada gas metana yang keluar dari retakan di dasar lautan yang meracuni semua crew kapal dan mengakibatkan berlangsungnya ledakan. Teori ke-4 sedikit unik.

Teori ini dibikin oleh salah satu penulis serta periset UFO namanya Morris K Jessup. Dia memiliki pendapat bila crew kapal sudah berjumpa dengan alien serta para kru di serang oleh makhluk luar angkasa hingga membuat beberapa crew mati dengan muka ketakutan.

Itulah kisah yang aneh sekaligus mengerikan dari kapal hantu SS Ourang Medan. Banyak orang yang menggagap jika hal tersebut merupakan kisah fiktif belaka. Namun juga tidak sedikit orang yang meyakini kebenaran dari kisah tersebut, bagaimana dengan kamu ya , apakah kamu percaya dengan kisah kapal SS Ourang Medan ini ? 

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Menarik, Tentang Kapal Hantu SS Ourang Medan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel